Friday, August 12, 2016

Web Database dan Manfaatnya

Web database adalah salah satu sistem yang digunakan menyimpan informasi dan kemudian dapat di akses melalui website. Sebagai contoh sederhana, sebuah komunitas online atau online community, akan memiliki database untuk menyimpan informasi username, password, dan informasi detail lainnya yang dimiliki oleh semua anggota dan sistem database yang paling umum dipergunakan di Internet adalah MySQL. karena mudah untuk terintegrasi dengan PHP dan PHP sendiri merupakan server side programming language yang paling umum digunakan oleh developers.

Pada tingkat paling sederhana, web database merupakan satu dari beberapa kumpulan tabel yang berisi data-data penting. dari masing-masing tabel memiliki field-field berbeda yang digunakan menyimpan berbagai jenis informasi dan dari tabel-tabel ini kemudian dapat saling terhubung untuk memanipulasi data dengan menggunakan beberapa metode tertentu.

Web database dapat kita gunakan untuk beberapa tujuan. Sebagai contoh yang sederhana yang sering kita temui adalah content management system atau dalam istilah pemrograman yaitu CMS. yang pada umumnya menggunakan web database untuk menyimpan beberapa informasi seperti post, username dan bahkan komentar.


Dengan menggunakan database sangat memungkinkan website dapat terus diupdate dengan mudah dan tanpa perlu untuk mengedit kode HTML pada setiap halaman yang ingin kita rubah sebagai contoh blogspot, wordpress dan banyak lagi. Hal ini tidak hanya merupakan suatu cara yang mudah dan efisien dalam membuat dan mengupdate website, namun juga dapat untuk membuat proses lebih mudah untuk diakses oleh pengguna yang tidak terlalu memahami bahasa program Internet.

Contoh lain dari penggunaan web database adalah untuk online. Website online forum seringkali membuat sebuah database dengan jumlah tabel yang banyak, termasuk setiap pengguna, post, dan untuk pengaturan. Hal ini penting sekali untuk mengatur relationship di antara tabel, sehingga post dan pengguna dapat dihubungkan dengan lebih mudah.

0 comments:

Post a Comment

 

Welcome To My Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design