Wednesday, October 7, 2015

Liburan ke Singapore



          Saya baru sempat bikin blog ini. Karena kerja lagi off jadi mengisi waktu luang saya mau ceritain pengalaman liburan saya ke Singapore. Sebenarnya saya ga rencana pergi liburan. Waktu itu di Jakarta sedang ada Garuda Travel Fair. Awalnya saya cuman iseng jalan-jalan aja. Eh tiba-tiba  saya beli tiket PP Jakarta – Singapore. Karena saya gak ada rencana liburan akhirnya saya putusin liburan 4 hari 3 malam.
           Karena tiket pesawat udah ditangan, mau gak mau saya harus buat rencana perjalanan untuk liburan saya ini. Jujur ini kali pertama saya ke luar negeri sendiri tanpa keluarga. So saya gak mau kalo iburan saya sia-sia hari-harinya.
Hal pertama yang saya lakukan adalah buat perencanaan. Pas saya bikin perencanaan jalan ternyata liburan saya kurang sehari atau dua hari lagi di Singapore nya. Ya… saya harus padat-padatin jadwal nya. Tapi tetap aja kurang. Alhasil beberapa tempat yang harus dikujungi terpaksa gak saya masukin di jadwal saya. Karena waktunya gak cukup. Sempat bingung juga sech mana yang harus saya hapus dari rencana perjalanan saya. Semuanya sayang banget kalau gak sempat dikunjungi. Salah satu yang saya gak kunjungi Singapore Zoo, karena Singapore Zoo ini setidaknya butuh waktu seharian untuk mengujunginya. Huft… sayang sekaali….
Singapore Zoo
            Hal kedua yang harus saya siapkan adalah persiapkan tiket online untuk semua tempat wisata atau wahana yang akan saya kunjungin disana. Setelah search di mbah Google, saya menemukan harga-harga tiket masuk ke semua wahana yang akan saya kunjungi lebih murah sekalipun di webnya langsung.
Hal ketiga yang harus saya cari tahu adalah transportasi disana. Lagi-lagi saya cari tahu lewat mbah Google. Yang penting saya cari tahu alat transportasi dari Bandara Changi ke hotel dan sebaliknya, dan juga menuju tempat-tempat yang sudah diplanning. Tapi yang wajib kita pegang adalah peta/rute MRT di Singapore.
Rute MRT & LRT Singapore
STP card
Di Singapore itu, saya lebih sering pakai MRT. Karena untuk mengirit pengeluaran saya beli STP (Singapore Tourist Pass). Kartu unlimited khusus untuk turis. Ada juga Ez-Link card. Tpi saya lebih memilih pakai STP karena saya hanya 4 hari saja di Singapore. Perbedaan STP dengan Ez-Link, bias di Tanya mbah Google yang lebih jelasnya.
Saya beli STP card untuk 3 hari karena maksimal hanya bisa beli untuk 3 hari. Bisa upgrade lagi kok kalo kurang. Beli STP card ini bisa didapatkan di Counter-counter MRT (Ticket Office) tertentu saja. Yang pasti di bandara Changi saya bisa dapat STP card ini.
Hal keempat yang harus saya siapkan lagi adalah hotel. Itu hal yang agak-agak memakan waktu buat saya. Karena type hotel yang saya mau atau cocok agak-agak sulit untuk saya pribadi (Maklum saya orangnya pemilih banget. Hehehehehe….) Di Singapore banyak hotel yang murah sampai yang mahal banget pun ada. Karena rencana perjalanan saya lumayan cukup padat dan berpindah-pindah tempat. Saya memutuskan untuk cari hotel yang lokasinya startegis. Dari sekian banyak hotel yang dijadikan nominasi. Saya harus pilih satu yaitu V Hotel Lavender. Kalo gak salah itu hotel bintang 4 jadi harganya ga murah. Tapi startegis sekali karena station MRT nya berada dibawah hotel ini. Dan di sekelilingnya pun banyak jual makanan. Asyik banget deh posisinya.
Berfoto di depan V Hotel Lavender
Dan yang terakhir adalah barang-barang yang akan dibawa. Ini pasti lah kalo kemana-mana kita harus list apa saja yang harus dibawa supaya gak ada yang lupa. Salah satunya yang paling penting itu Stecker (colokan listrik). Karena di Singapore beda lho colokan nya. Jadi kita harus punya tuh biar kita tetep bisa charge hp-hp, laptop, camera terutama. Kalo lowbat bahaya gimana kita bisa foto-foto kalo kamera dan hp nya mati. Kalo pergi-pergi ke luar negeri pastikan dulu bentuk stecker nya yang seperti apa dulu ya.
Stecker di Singapore
                Nanti saya ceritakan hari pertama sampai hari terakhir liburan saya di Singapore. Semoga pengalaman saya bisa di jadikan referensi temen-temen yang mau liburan ke Singapore.

0 comments:

Post a Comment

 

Welcome To My Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design